Rabu, 24 Agustus 2011

Penyebab Sholat Tak Khusyuk

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sholat orang jadi nggak khusyuk alias tenang dan fokus hanya pada Yang Kuasa. Mau tahu? Ini dia beberapa contoh dan solusinya, moga bermanfaat.

1. Suara Kipas Angin 
Yep, ini salah satunya. Kalo di ruangan tempat kalian shalat ada kipas anginnya (yang biasanya nempel ke langit-langit ruangan), usahakan kipas itu masih waras. Maksudnya tenang tanpa suara. Kadang tuh, ada kipas yang bunyinya geludakan kaya mau putus gitu.  Bahaya banget!

GELUDHAK... GELUDAAKKKK.... DAAK.... DAK...... DAAAKKKK............

Nah kalo udah kayak gini, kalian pasti mikir: "Ini kipas direparasi berapa kali, sih? Bunyinya ngeri bener." Pikiran kalian jadi tertuju ke kipas, deh. Kalo gini, yang ada di kepala kalian adalah kipas itu tadi. Kalian sebel ama kipas itu, dan sholat pun jadi tak khusyuk. Atau kalo enggak, kipas itu bunyinya lebih aneh dan lebih parah lagi, kayak helikopter lepas landas!

WWEEEERRRRR....... WWWERRRRRRR..... WEEEEEEEEEEERRRRRRR..........

Ribet kalo udah kayak gini. Kalian pasti sebel ama tuh kipas, mikir yang enggak-enggak tentang kipas helikopter itu, dan sholat kalian nggak khusyuk lagi.

#SOLUSI#

Coba tanyakan pada pengurus Masjid/Musholla tempat kalian sholat, berikan usul kalian,"Apa nggak sebaiknya kipas itu dibetulin atau diganti yang baru, ya?" Cara ngomong juga harus sopan, biar si pengurus masjid itu mau mengabulkan permintaan kalian. Kalo besok lagi kalian sholat lagi di tempat yang sama, kalian udah ngomong baek-baek ama yang bersangkutan (aku nggak tahu kenapa mereka bisa nyangkut) soal suara kipas yang mengganggu kenyamanan itu, tapi belum juga ada respon, pindah aja ke tempat lain yang lebih tenang. Sehingga sholat kalian pun lebih khusyuk.

2. Faktor Teman
Kadang kalo kita lagi sholat berjamaah baik di Masjid maupun di rumah, ada teman atau anggota keluarga kita yang (mungkin) mengidap penyakit bengek atau pilek atau batuk pertusis. Dan waktu dia sholat, dia berdiri di sebelah kamu, pas itu juga penyakitnya kumat. Kalo yang bengek, napasnya bunyi: Ngik.. Ngik... Ngiiikk...... (aku nggak tega ngasih warna tulisan ini merah) atau kalo yang batuk: Grook...Grookk... Ggrrrooooookkkk........ (sengaja dikasih warna merah karna ada kemungkinan itu batuk berdarah. Tapi aku nggak berani nggedein tulisannya, nggak tega). Terus yang pilek, menurut aku ini penyakit paling Jijayy alias jijik. Apalagi kalo denger Si penderita nyerot ingusnya pas kita lagi khusyuk-khusuknnya sholat: Sroott... Srroooott........... Sssrrrooootttt......... (sengaja digedein, karna ada kemungkinan ingus yang dia serot itu jumlahnya banyak dan kental). 
 Nah kalo gini, ganggu banget.   


#SOLUSI

Tanyakan pada orang/teman kalian itu, misal: "Sudah berapa lama dia mengidap penyakit itu?"; "Kira-kira bisa sembuh nggak?"; "Udah periksa ke dokter?"; atau "Obatnya apa?"
(Lho, ini nanya apa mau mengintimidasi, sih?) Yah, pokoknya kalian tahu sendiri apa yang perlu kalian tanyakan pada orang itu. Tunggu beberapa hari, atau kalo perlu anterin sekalian dia untuk berobat (Ha?). Nggak sampe segitu, lah. Sarankan dia berobat, kalo seminggu nggak ada efek alias dia nggak sembuh-sembuh, jangan ajak temen kamu itu sholat bareng. Bisa-bisa pahala sholat kamu berkurang gara-gara diganggu suara serotan ingus atau batuk. Atau kalo enggak, pindah tempat sholat :)

3. Tempat Sholat Yang Mendukung
Misalkan kamu lagi sholat, tapi sajadah yang kamu pake itu kotor atau berdebu. Nah, waktu kamu sujud, buat yang alergi debu, pasti bersin-bersin dan otomatis ngerasa nggak nyaman. Pengen rasanya pindah dari tempat itu cepet-cepet! Kamu mungkin akan mikir:"Ni sajadah kotor bener, siapa sih yang nyuci?" atau "Berapa kali sajadah ini dicuci?" Atau kalo kamu tahu siapa yang nyuci, kamu bakal ngejek orang itu dalam hati:"Dasar Mbok Yumi, kalo myuci nggak becus!" Pikiran kamu nggak fokus lagi (atau mungkin terfokus pada Mbok Yumi?), nggak khusyuk deh sholatnya. 


#SOLUSI#

Cobalah mandiri. Bantu si Tukang Cuci sajadah itu. Kamu bawa sajadah atau karpet itu ke binatu, bayarin sekalian kalo perlu. Atau kamu coba cuci sendiri aja pake tangan. Pake mesin cuci, lah... belum tentu bersih. Atau kalo kamu sholat di masjid dan nggak nyaman sama lingkungannya, bantu si pengurus masjid buat bersihin tuh Masjid. Dijamin sholat kamu bakalan nyaman senyaman-nyamannya.

Kalo kamu menemui keadaan seperti di atas, Selamat Mencoba. Daripada ngurangi pahala gara-gara sholat yang nggak khusyuk. OK !

 

2 komentar: