Jumat, 26 Agustus 2011

Rayuan (Abang) Odong-Odong

Ini blog makin nggak jelas aja, ya. Tujuannya apa, isinya apa, yang punya mukanya kayak apa? (Ha?). Yah, udahlah.

Cuy, posting kali ini menyangkut soal 'odong-odong' (nggak tahu deh, kenapa bisa nyangkut). Oke, kalian tau What is Odong-odong?

Odong-odong itu sebutan buat permainan anak-anak yang biasanya keliling di sekitar perumahan penduduk. Tapi odong-odong yang dimaksud di sini bukan mobil tua omprengan dengan bak terbuka kayak yang biasa dikenal di daerah-daerah terpencil. Odong-odong yang ini merupakan sebutan buat 'becak modifikasi' yang sengaja dibuat untuk permainan anak-anak. Sebagai daya tarik, odong-odong dilengkapi tempat duduk dengan bentuk menyerupai kuda, motor, mobil, atau bentuk binatang yang lain. Satu odong-odong dalam satu kali permainan bisa memuat satu hingga enam anak tergantung dengan besarnya odong-odong. Kebanyakan sih, muat empat anak. Masih untuk menarik perhatian, musik dan lagu ceria anak-anak sengaja dibunyikan setiap penarik odong-odong mengoperasikan permainan ini. Bisa bayangin kayak gimana bentuknya? Nggak bisa? OKE! Look at this picture:


Itu yang bentuknya motor sama bebek-bebekan (bukan bebek betulan, maksudnya). Nah kalo yang ini bentuknya: Bianglala...


Yeeee.... mirip ya, kayak yang di Taman Impian Jaya Ancol. Tapi ukurannya diperkecil. Hhh.. ya, iyalah. Odong-odong juga bisa memacu adrenalin. (Ha?) Enggak, laah. Bercanda doang.

Tapi, aku salut sama bisnis odong-odong ini. Karena bagaimanapun juga, mainan ini mampu menyedot perhatian ribuan (atau mungkin jutaan) anak Indonesia. Ckckckck.... Kayak gini contohnya yang keranjingan odong-odong.
Hihihihiiihh.... lucu ya, mereka?! But, jangan salahgunakan odong-odong! Sekali lagi, JANGAN SALAHGUNAKAN ODONG-ODONG!!! (sengaja diulangi biar dramatis). Juga jangan salahkan Abang Penarik odong-odongnya... Kasihan dia! Karena tukang odong-odong harus mengayuh 'becaknya' untuk memutar dinamo. Semakin banyak bocah yang naik maka Si Abang harus ekstra energi untuk mengayuh pedal. Konsepnya hampir mirip dinamo pada sepeda ontel. Bedanya pada odong-odong Si Abang bisa mengayuh tanpa perlu melajukan becaknya

Contoh penyalahgunaan Odong-Odong:


Tuh, LIAT!! Sampe Abang odong-odongnya aja mukanya culas gitu! Sorry, nggak bermaksud. Aku kan, membela Hak Asasi Abang Odong-Odong. Goo... Abang...!! GOOOO...... ODONG-ODONG!!! Jiaaah....

Segitu yang aku tahu soal odong-odong. Tariik... Mang!

1 komentar: